Rabu, 25 Juli 2012

Dari Buku ke Buku

Judul: Dari Buku ke Buku: Sambung Menyambung Menjadi Satu
Penulis: P. Swantoro
Editor:
9789799023681
 
Si kakek, begitu penulis menyebut diri di buku Dari Buku ke Buku: Sambung Menyambung Menjadi Satu memiliki hobi yang unik, mengkoleksi buku-buku lama. Salah satu bukuyang ingin dia koleksi adalah buku di masa kecilnya, si kakek hanya lupa judul bukunya, berbahasa Belanda, dan banyak gambar, di mana salah satunya berwarna. Dengan bantuan kenalan baiknya, akhirnya si kakek mendapat buku yang dimaksud, yaitu buku Geillustreerde Encyclopaedie van Nederlandsch-Indie: Ensiklopedia Bergambar Hindia-Belanda, diterbitkan oleh N.V. Leidsche Uitgeversmaatschappij tahun 1934, lebih muda 2 tahun daripada si kakek. Dan gambar berwarna yang dimaksud, adalah logo kota-kota di Jawa pada zaman Hindia Belanda, berikut:
Dari buku inilah, kisah dalam buku ini berlanjut, dengan kisah-kisah yang diangkat dari si Kakek dari berbagai koleksi buku lamanya, yang sebagian besar adalah buku sejarah zaman penjajahan, baik yang ditulis oleh penulis luar maupun penulis Indonesia, terkait dengan pendidikan sejarah si kakek. Dan meluncurlah dongeng dari si kakek kepada si pembacanya.
 
Membaca buku Dari Buku ke Buku membuat saya takjub akan sosok penulis. Kemampuan mensaripatikan isi buku-buku kuno yang dikoleksi sangatlah luar biasa. Seolah-olah saya turut langsung membaca buku yang sedang diceritakan langsung oleh beliau. Bnayak tambahan informasi kita dapatkan, dari kisah Balai Pustaka, sampai sosok Tan Malaka, dan duet Sukarno-Hatta ada dalam cerita beliau. Meskipun saya mengeluhkan terlalu banyaknya tulisan berbahasa Belanda karena selanjutnya ada terjemahannya, buku ini bagi saya merupakan kekayaan berharga dalam dunia pustaka di Indonesia, menghantarkan kita akan kekayaan pustaka tentang Indonesia. 

2 komentar:

  1. ini salah satu buku favoritku sepanjang masa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah punya ya mas, aku ini cuma pinjem, kayaknya koleksi berharga

      Hapus