Rabu, 23 Januari 2013

Amira

Judul: Amira - Cinta dari Tanah Surga
Penulis: Suliwe
Editor: Jumi Haryani
Jumlah Halaman: 232
Penerbit: Gema Insani
ISBN: 9789790772465

Amira, seorang mahasiswi jurusan matematika di FMIPA salah satu perguruan tinggi di kota Solo, Hidup dengan ayah yang pemabuk sekaligus penjudi, ditambah ada adik tiri dari sang ayah yang telah berselingkuh dengan perempuan lain, Sarah, serta penghasilan ibunya yang pas-pasan dari warung makan seadanya, merasa dunia yang dialaminya begitu kejam. Tetapi semua berubah ketika datang tetangga baru, Fatih beserta ummi, yang membawa keajaiaban kepada keluarga Amira.

Perlahan demi perlahan muncul rasa cinta dari Amira terhadap Fatih. Namun dibalik cinta tersebut, ada sosok Fahmi, sahabat dekat Fatih, yang mencintai Amira

Sudah lama saya tidak membaca fiksi islami. Amira, sebagai salah satu novel fiksi islami terasa kental dengan konsep islaminya. Patut memang, mengingat konsep dakwah yang disokong novel bergenre islami ini. tapi dengan kurangnya inovasi, rasanya jalan cerita yang didapat akan selalu datar. Memang ada beberapa twist yang menurut saya cukup menarik, tapi dengan minimnya pengembangan dari jalan cerita yang umum pada sebuah novel islami, saya merasa agak hambar dengan buku ini.

Meskipun demikian, saya senang ketika penulis berani mengangkat latar di salah satu kampus di Surakarta. Gambaranya cukup menarik dan bisa saja mengundang pembaca untuk bisa melihat langsung kehidupan kampus di sana.

Sebagai kisah, buku ini memang kurang mendapat kesan untuk saya, tetapi menurunnya buku-buku berngenre novel islami, semenjak populernya Ayat-ayat Cinta, buku ini bisa menjadi pijakan untuk novel islami untuk bisa kembali ke populeritas yang tinggi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar