Senin, 04 Februari 2013

Naruto Hicho

Judul: Naruto Hicho
Penulis: Eiji Yoshikawa
Penerjemah: Fatmawati Djafri
Penerbit: Kansha Books
Jumlah Halaman: 385
ISBN: 9786029719697

Kouga Yoami, ketua Klan Kouga yang merupakan anak buah keshogunan Tokugawa, menghilang ketika bertugas menyelidiki daerah Negeri Awa, daerah yang bermusuhan dengan pihak keshogunan. Dengan hilangnya Yoami, keadaan putri Ochie, putri Kouga, terancam dengan akan musnahnya klan Kouga. Guna menyelidiki keberadaan Kouga serta mempertahankan keberadaan klan, Karakusa Ginkoro menyelundup masuk ke Negeri Awa yang tertutup dari orang-orang asing, dibantu oleh Taichi, anak buahnya.

Namun dalam perjalanannya, Ginkoro terus-menerus menghadapi halangan. Perseteruan antara keshogunan Tokugawa dengan damyo Awa, menjadi perintang tercapainya misi tersebut. Misi Ginkoro selalu dihalangi oleh samurai dari negeri Awa. Tak pelak, korban satu demi satu berjatuhan.

Masalah menjadi pelik, ketika misteri dan masalah cinta berkelibatan dalam kisah penyelamatan Klan Kouga. Ada cinta terlarang Norizuku Gennojo, terhadap putri Ochie, namun menggetarkan hati. Juga petualangan seorang polisi desa, Mankichi yang berani berpetualang dari Osaka ke Edo, dan misteri hilangnya Putri Ochie, dirangkai menjadi sebuah kisah yang menarik.

Naruto Hicho (鳴門秘帖) merupakan salah satu buah karya awal dari Eiji Yoshikawa. Meskipun merupakan karya awal, saya menyukai karya ini. Sarat dengan petualangan yang memikat, ditambah misteri yang runtut dari awal sampai akhir sehingga saya tidak menemukan lubang pada alur cerita (plot hole), sampai pada pelajaran kesetiaan terhadap tugas, menjadikan buku ini memikat.

Bicara tentang fiksi Jepang, maka kita tak boleh melupakan nama Eiji Yoshikawa. Dalam setiap karya yang saya baca, selalu ada hal-hal yang mengesankan bagi saya. Begitu pun dengan Naruto Hicho ini. Gaya penulisan yang sederhana, tak membuat jalan cerita menjadi datar tapi rangkaian kata yang dituliskan Yoshikawa bisa membuat saya terasuk dalam sebuah kisah mendebarkan yang terus membuat saya ingin membaca. Yoshikawa memang ahli dalam menulis kisah berlatar sejarah Jepang. Kuatnya tulisan tentang Jepang, menjadikan para pencinta literasi Jepang, harus mengkoleksi dan membaca buku ini. 

Tentang Penulis :
Eiji Yoshikawa bisa dibilang sebagai salah seorang penulis yang memperkenalkan kisah sejarah Jepang ke dunia luar. Dilahirkan dengan nama Hidetsugu Yoshikawa (吉川英次) pada 11 Agustus 1892, di prefektur Kanagawa. Sempat berkarir sebagai wartawan di Maitu Shimbun, karir kepenulisan Yoshikawa segera melejit. Pembaca Indonesia umumnya mengenal Yoshikawa melalui dua mahakaryanya yang terkenal, Musashi dan Taiko, padahal masih banyak karya beliau yang mengangkat kisah sejarah Jepang yang sangat direkomendasikan untuk dibaca. Salah satunya adalah Naruto Hicho ini. Beberapa karyanya diangkat menjadi serial televisi di Jepang.
Yoshikawa meninggal di tahun 1962 akibat komplikasi kanker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar