Rabu, 01 Mei 2013

Wishful Wednesday #27

Jumpa lagi dengan hari rabu, hari di mana update blog biasanya bertambah 1 postingan. Bukan sekedar postingan lho, tapi karena ikutan meme Wishful Wednesday, di mana kita memposting 1 buku impian kita, rasanya jadi menyenangkan meski hanya bermimpi :)

Minggu ini, ingin masukin buku yang ini :
Novel dengan dua plot berbeda namun saling terkait ini bercerita tentang dua tokoh yang berlainan dunia. Di satu sisi, novel ini menuturkan kisah Kafka Tamura, remaja yang kabur dari rumah untuk menghindari kutukan ayahnya serta untuk mencari ibu dan saudara perempuannya. Dalam petualangannya, ia menemukan tempat penampungan yang tenang di sebuah perpustakaan pribadi di Takamatsu, yang dikelola Nona Saeki yang tertutup dan penyendiri serta Oshima yang ramah dan cerdas. Kafka menghabiskan hari-harinya dengan membaca buku, hingga suatu ketika polisi menginterogasinya terkait dengan kasus pembunuhan brutal.

Sisi lain novel ini berkisah tentang Satoru Nakata, lelaki tua yang—berkat kemampuan luar biasanya—bekerja paruh waktu sebagai penemu kucing hilang. Pada suatu kasus, demi seekor kucing, ia membunuh seorang lelaki misterius. Kasus ini membawanya hengkang jauh dari rumahnya dan berakhir di jalanan, hingga bertemanlah ia dengan sopir truk bernama Hoshino yang membawanya menuju kota tempat pelarian Kafka. Nakata dan Kafka berbeda dunia, namun di alam metafisik kisah keduanya terhubung—dan begitu pula yang terjadi dalam realitas sesungguhnya.

Dengan Oedipus complex sebagai bunga cerita, novel surealis ini menyuguhkan bacaan memukau ihwal identitas, cinta, tragedi, takdir, dan pergulatan hidup. Gagasannya eksploratif dan filosofis. Alur ceritanya berkelok-kelok dan penuh teka-teki. Gaya bahasa dan narasi dialognya ringan dan menghibur.
Sebenarnya saya sudah tahu bahwa Muarakami kalau nulis itu suka absurb, dan kadang tidak tahan dengan isi cerita yang absurb. Tapi yang jelas saya tertarik untuk mencoba membaca buku ini, sebagai salah satu karya yang dianggap literatur terbaik di Asia.

Well buku ini udah tidak saya ketemukan di toko buku biasa. Tapi semoga diberikan kesempatan untuk memeilikinya....

Ikutan yuk meme WW, caranya bisa dengan:

  1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post WW milik mbak Astrid). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

8 komentar:

  1. Aku belum pernah baca Murakami tapi temen2 rekomen sih. Masuk list juga :) semoga kesampean

    BalasHapus
  2. ah, sm2 blum perna baca murakami...tpi asap mg2 kesampean deh itu bukunya smpe di tangan...

    BalasHapus
  3. aku juga belum pernah baca karya haruki murakami, dan kayaknya yang menghambatku untuk baca bukunya ya karena temanya suka absurd. apakah membaca bukunya murakami butuh otak prima? :)

    BalasHapus
  4. Wah aku juga jarang nemu nih Dunia Kafka,,, Hunting bareng seru nih hehehe

    BalasHapus
  5. wahhh, kayaknya menarik nih bukunyaa.. nanti pinjem ya mastez kalau dapet :))

    BalasHapus
  6. kapan yaaa aku memberanikan diri baca murakami? huahaah...soalnya aku suka stress kalo baca yg absurd2 :p btw terbitan siapa ya ini?

    BalasHapus
  7. saya juga pengen..
    kmaren wkt ada bbi giveayaw hop prasaan ada yg bagi2 buku ini, tp saya ga dapet :D

    BalasHapus
  8. aku punya buku ini mas, masih tertimbun :D

    BalasHapus