Senin, 30 Desember 2013

Rebecca of Sunnybrook Farm

Judul: Rebecca of Sunnybrook Farm
Penulis: Kate Douglas Wiggin
Penerjemah: Hani Iskandarwati
Editor: Rini Nurul Badariah
Penerbit: Orange Books
Cetakan: I, Februari 2011
Jumlah Halaman: 310
ISBN: 9786028436854

Rebecca Rowena Randall, tokoh utama dalam buku ini, berkenala ke rumah bata di Riverdolo, tempat kediaman kedua bibinya, Jane dan Miranda Sawyer. Padahal yang diharapkan kedatangannya adalah kakak wanita tertua Rebecca, Hannah, oleh kedua bibinya. Kedatangan Rebecca yang tak diharapkan membawa kegusaran bagi Miranda, sang bibi. Apalagi dengan sifat yang suka berfantasi, banyak bicara sedikit nakal namun memiliki kepintaran di atas rata-rata. Apa yang kerap dilakukan Rebecca sering dianggap salah di mata bibi Miranda. Sedangkan bibi Jane Sawyer lebih bersifat menerima keberadaan Rebecca, apa adanya. 

Kehidupan Rebecca di Riverboro sedikit berwarna ketika tanpa sengaja, dia bertemu Mr. Aladdin, sosok yang membantu Rebecca ketika berusaha menolong temannya, anak-anak keluarga Simpson. Dan Mr. Aladdin yang tampan, kaya namun dermawan ini kerapkali membantu Rebecca, sampai ketika Rebecca tinggal dan bersekolah di akademi Wareham. Namun, ketika bersekolah di Akademi, kesulitan demi kesulitan menerpa hidup Rebecca. Apakah Rebecca mampu mengatasi semua kesulitan hidupnya?


Kisah Rebecca of Sunnybrook Farm, mau tak mau mengingatkan saya pada kisah-kisah klasik sebelumnya yang pernah saya baca sebelumnya, Heidi, Pollyana, A LIttle Princess dan Anne of Green Gables. Dan Rebecca of Sunnybrook Farm ini memnag ditulis terlebih dahulu ketimbang novel-novel sebelumnya. Dan meski sebagai pelopor, saya lebih menyukai novel-novel yang saya pernah baca sebelumnya.

Kisah Rebecca ini lebih terasa membonsankan. Kehangatan ceritanya pun boleh dibilang kurang, meski saya pikir penilaian ini terpengaruh akan bacaan sejenis sebelumnya. Tapi meski demikian, sebagai novel klasik, buku ini layak untuk dibaca, mengingat kisahnya pun menyentuh hati dan menghangatkan jiwa. Meski beberapa kali saya menemukan typo dalam edisi terjemahan buku ini, terjemahan secara umum buku ini cukup bagus, saya tak menemukan kesulitan untuk mencermati buku ini.

Tokoh yang saya suka dalam novel ini adalah Mr. Cobb. Meski jarang muncul, ia mampu memberikan peran yang juga berarti untuk Rebecca. Sebuah kebaikan yang pantas diberikan acungan salut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar