Kamis, 06 Februari 2014

Rasputin's Daughter

Judul: Rasputin's Daughter
Penulis: Robert Alexander
Penerjemah: Rahmani Astuti
Editor: Dian Pranasari
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
Cetakan: I, Desember 2012
Jumlah Halaman: 401 Halaman
ISBN: 9789790243965 

Kisah mengenai kematian Rasputin selalu diselibungi kabut misterius. Soosk yang diduga berpengaruh besar pada berakhirnya era kekaisaran Rusia ini, hanyalah petani dari Siberia namun diduga memiliki kemampuan sihir yang luar biasa. Dia sanggup menyembuhkan penyakit dan mampu menerawang ke masa depan. Namun sosok kontroversial ini, tak lepas dari terkuburnya sejarah kekaisaran Rusia memang. Dan kematiannya diduga karena dibunuh oleh orang-orang yang tak menyenangi kedekatannya dengan Tsarina Alexandra, permaisuri Rusia di tahun 1910-an.

Robert Alexander mengisahkan peristiwa terbunuhnya Rasputin dengan menggunakan sudut pandang Maria Matryona Grigorevna, putri tertua Rasputin sekaligus putri terdekatnya. Kisah Maria di buku ini bisa dibilang sangat menarik. Perjalanan hidup Rasputin meski tak secara utuh tergambarkan tetapi dengannya kita bisa melihat sisi lain dari Rasputin. Sebuah kisah kehidupan kekaisaran Rusia pun cukup menarik bisa diikuti dalam buku ini. Meski menggambarkan kehidupan Rasputin, di baliknya, kisah di balik sejarah runtuhnya kekaisaran Rusia tak kalah menariknya.

Diterjemahkan dengan manis, meski beberapa istilah Rusia bertebaran, Rasputin's Daughter, bisa jadi menceritakan sebuah episode sejarah yang kelam di tengah kehidupan kenegaraan Rusia. Sosok Rasputin diangkat menjadi seorang tokoh yang dilihat sisi baiknya maupun sisi buruknya. Sebagai kisah seorang tokoh yang perenah hidup, kita mendapatkan sebuah cerita yang mendalam tentang kisah hidup seorang manusia.

3 komentar:

  1. Rasputin itu penasehat Tsar Rusia yang katanya tukang sihir ya?? yang jamannya ada putri anastasia itu kan ya? *sejarah eropa udah berkarat*

    BalasHapus
  2. http://secangkirkatakita.wordpress.com/2014/02/06/stop-membaca-buku-karena-dapat-merusak-fungsi-otak/

    BalasHapus