Jumat, 07 Maret 2014

Cecilia & Malaikat Ariel

Judul: Cecilia & Malaikat Ariel
Penulis: Jostein Gaarder
Penerjemah: Andityas Prabantoro
Penerbit: Mizan
Jumlah Halaman: 216
Cetakan: II, Februari 2009
ISBN: 9789794335390
 
Saya suka dengan kisah Dunia Sophie, novel filsafat  yang saya baca saat kuliah. Namun setelah itu saya lost contact  dengan karya-karya Gaarder selanjutnya. Dan kesempatan bertemu dengan tulisan Gaarder kembali terjadi, kali ini saya memilih buku yang lebih tipis, Cecilia & Malaikat Ariel. Novel ini mengisahkan perjumpaan Cecilia Skotbu, tokoh utama dalam buku ini dengan seorang malaikat bernama Ariel. Dan terjadinya dialog cantik antara kedua makhluk tersebut. Semua ingin mengetahui bagaimana rasanya menjadi makhluk di depannya. 

Tak ada rasa yang bisa dirasakan memang dengan saling bertutur, tetapi ada yang bisa dirasakan. Ada yang bisa dipahami satu sama lain. Bagi saya yang indah dalam buku ini adalah Gaarder, meski dengan pemahamannya sendiri, mengungkapkan apa yang selama ini selalu sulit dipahami oleh manusia, nilai-nilai surgawi dalam kehidupan dunia.
 
Mengusung nilai filsafat, buku ini justru tidak membawa saya ke kesulitan berpiir sebagaimana buku-buku filsafat. Ini kelebihan Gaarder, mungkin. Bisa mencipatakan rasa renyah dari filsafat yang rumit. Bahwa kita pun sebenarnya bisa berfilsafat ria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar