Sabtu, 23 April 2016

The Sherlockian


Judul: The Sherlockian
Penulis: Graham Moore
Penerjemah: Airin Kusumawardani
Penerbit: Bukuné
Cetakan: I, November 2013
Jumlah Halaman: 544
ISBN: 9786022201195

Abad 20
Arthur Conan Doyle, setelah membunuh Sherlock Holmes di air terjun Reinchenbach, harus menghadapi kasus pembunuhan gadis-gadis cantik. Penyelidikan dilakukan setelah sebuah bom hampir membunuhnya, di mana dalam bom tersebut terdapat potongan berita pembunuhan. Bersama sahabat dekatnya, Bram Stooker, Conan Doyle justru harus meniru tindakan tokoh ciptaannya sendiri, Sherlock Holmes.

Abad 21
Harold White, anggota baru Laskar Baker Street, klub pemuja Conan Doyle, menghadapi kasus terbunuhnya Alex Cale, seorang anggota unggulan Laskar, yang mengklaim telah menemukan buku catatan harian Arthur Conan Doyle. Dan ia harus mencari pembunuhnya serta buku hari tersebut yang sudah lama dicari Sherlockian berpuluh-puluh tahun.

The Sherlockian, menceritakan sosok Arthur Conan Doyle dari sisi fiksi. Meski sudah lama saya menggemari kisah Sherlock Holmes, bukan berarti saya mengetahui kisah kehidupan Arthur Conan Doyle. Menarik memang ketika akhirnya saya mendapat kisah tentang Doyle, meski dalam wujud fiksi. Penullis mampu menciptakan detail yang menarik dari London di abad 19. Deskripsi setting yang dibuat sangat bagus, saya terasa berada di London era Holmes berada.

Sayangnya mengenlai pencarian yang dilakukan oleh Harold White, menurut saya teralalu datar. Tak ada twist yang menarik, sehingga bertolak belakang dengan kisah pemburuan yang dilakukan oleh Doyle, pada setengah buku ini.

Overall, buku ini bagi seorang pecinta Holmes, akan terasa menarik. Sayangnya, adalah spoiler kisah fiksi detektif justru tersebaran di buku ini. Untung beberapa kisah yang disebut di sini sudah saya baca. Selebihnya buku ini memang tak memberikan kesan bagi saya, selain kisah kehidu pan Conan Doyle, penncita salah satu tokoh detektif favorit saya, Sherlock Holmes.

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus